1. /
  2. Blog
  3. /
  4. Strategi Bisnis
  5. /
  6. Strategi Bisnis: Apa Itu Branding?
Strategi Bisnis: Apa Itu Branding?

Strategi Bisnis: Apa Itu Branding?

Branding adalah salah satu strategi bisnis terbaik dan terpenting bagi keberlangsungan sebuah bisnis. Ya, tanpa adanya branding yang baik mustahil sebuah bisnis dapat berkembang dan memenangkan persaingan dengan kompetitor.

Secara singkat, branding akan membuat bisnis dan merek dagangmu lebih mencolok dan berbeda dibandingkan bisnis sejenis. Dengan strategi bisnis branding yang tepat, para pelanggan akan lebih mudah membedakan merek dagangmu dari kompetitor. Jika sudah ada di tahap ini, niscaya pelanggan akan lebih condong untuk memilih produkmu karena yang mereka ingat adalah produkmu.

Nah, untuk mengetahui lebih dalam apa itu branding, silahkan disimak yuk! Kamu akan mengetahui pengertian branding secara mendalam, jenis, hingga manfaatnya.

Apa Itu Branding?

Branding merupakan sebuah proses dalam memberi makna pada organisasi, perusahaan, produk atau layanan tertentu dengan menciptakan dan membentuk merek di benak konsumen. Branding berasal dari istilah kata brand atau merek. Sedangkan, brand adalah sebuah ide yang tergambar di benak seseorang ketika memikirkan sebuah produk/merek dari suatu pelaku usaha.

Ini adalah strategi yang dirancang pelaku usaha untuk membantu orang-orang (calon pelanggan dan pelanggan) dengan cepat mengidentifikasi dan merasakan merek mereka, dan memberi mereka alasan untuk memilih produk mereka dibandingkan produk pesaing, dengan memperjelas apa merek tertentu itu dan apa yang bukan.

Misalnya, ketika kamu ingin membeli sabun pencuci piring, ada satu produk langsung tergambar di kepalamu. Entah dari warnanya, baunya, bahkan bisa juga dari campaign yang pernah dilakukan untuk produk tersebut.

Sementara branding artinya sebuah upaya yang dilakukan untuk mempertahankan, membangun, dan memperkuat brand yang dimiliki. Tujuannya, tentu saja agar produk bisa lebih dikenal dan diingat oleh khalayak dibanding kompetitor. Dengan begitu, mereka akan lebih condong untuk untuk membeli produkmu.

Branding termasuk ke dalam salah satu strategi digital marketing paling efektif untuk meningkatkan bisnis, terutama bisnis online. Jadi, bagi kamu yang memiliki bisnis dalam industri apapun, pastikan melakukan branding dengan benar agar usaha bisa cepat berkembang.

Tujuan Branding

Berikut ini beberapa tujuan dari melakukan branding, di antaranya:

1. Membentuk identitas merek yang kuat

Identitas merek (brand identity) berarti hal-hal yang terlihat dengan jelas dari sebuah brand atau merek. Jika branding sudah dilakukan dengan tepat, merek dagangmu akan memiliki identitas merek yang kuat sehingga bisa terlihat berbeda dari kompetitor.

2. Meningkatkan kesadaran merek

Kesadaran merek atau brand awareness adalah istilah seberapa jauh konsumen dapat mengenali atau mengingat keberadaan sebuah merek dari kategori produk tertentu. Dengan branding yang tepat, pastinya konsumen akan lebih mudah mengingat sebuah produk dan kemudian membelinya. Semakin dikenal merek maka semakin besar juga kemungkinan konsumen untuk membeli sebuah produk.

3. Meningkatkan nilai merek

Nilai merek atau brand equity adalah nilai lebih yang perusahaan dapatkan karena brand tersebut lebih berkesan dari pesaing. Branding juga berfungsi untuk meningkatkan brand equity. Kenapa demikian?

Sebab, merek dikenal, dihormati, dan diandalkan memiliki nilai yang lebih tinggi di mata konsumen. Hal tersebut dapat membantu perusahaan dalam meraih pendapatan yang lebih tinggi di masa depan.

4. Menciptakan citra yang baik

Branding juga bertujuan membangun citra positif perusahaan. Makanya, branding harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan penuh riset. Jika tidak, bisa-bisa tujuan branding untuk menciptakan citra baik justru berakhir buruk dan menodai merek perusahaan itu sendiri.

5. Meningkatkan penjualan

Pada akhirnya, semua strategi pemasaran akan bermuara pada penjualan, begitu juga dengan branding. Walaupun tidak secara langsung mampu meningkatkan penjualan, namun dengan strategi branding yang konsisten dan tepat lambat laun pasti akan berdampak pada penjualan.

Dengan branding, kita dapat lebih dekat dan lebih mengerti akan kemauan konsumen. Alhasil konsumen akan cenderung setia dengan merek kita dan sulit berpaling.

Manfaat Branding untuk Bisnis

Berikut ini manfaat branding untuk keberlangsungan bisnis yang wajib kamu ketahui:

1. Membedakan dengan pesaing

Manfaat branding yang utama dan paling penting yaitu agar merek kita bisa terlihat berbeda dengan pesaing. Cara untuk terlihat berbeda di tengah gempuran para kompetitor adalah mengetahui brand personality usaha atau bisnis kita. Dengan begitu, kita bisa memanfaatkan karakteristik dan keunikan kita agar mampu menonjolkan ciri khas produk.

2. Meningkatkan nilai bisnis

Branding artinya strategi untuk investasi jangka panjang. Jika brand yang kamu miliki sudah semakin besar dan terkenal, maka produkmu akan memiliki nilai tersendiri di masyarakat. Dengan begitu, peluang investasi bisnis atas brand yang kamu miliki menjadi semakin besar.

Selain meningkatkan nilai dari sebuah produk, branding juga akan meningkatkan nilai perusahaan di masyarakat. Namun perlu diingat, branding memerlukan proses cukup panjang, sebelum pada akhirnya dapat meningkatkan nilai bisnismu.

3. Menjangkau pelanggan baru

Branding yang kamu lakukan akan terlihat sukses ketika orang-orang mulai mengenali produkmu. Bahkan, dapat membedakannya dengan produk lain. Jika banyak orang yang mengingat dan membeli produkmu, itu artinya mereka mulai menaruh kepercayaan kepada produk yang kamu tawarkan. Dengan begitu, merekmu sudah berhasil menjangkau pelanggan baru dan memperkuat pangsa pasar atau market share.

4. Membangun kepercayaan pasar

Sebuah produk dengan branding yang kuat akan meningkatkan kepercayaan masyarakat. Tentunya, hal ini terjadi karena masyarakat merasa telah mengenal produk tersebut sehingga dapat mempercayainya.

Dengan branding yang kuat, persaingan pasar pun menjadi lebih berkualitas. Masyarakat hanya akan dihadapkan pada produk yang benar-benar dapat dipercaya dan diandalkan.

5. Meningkatkan kebanggaan dan kepuasan karyawan

Salah satu cara untuk mendapatkan hasil kerja yang optimal adalah dengan memastikan kebutuhan tiap karyawan terpenuhi. Bekerja di perusahaan yang cukup dikenal masyarakat, akan memunculkan kebanggaan dan kepuasan dari setiap karyawan. Dengan perasaan tersebut, tentunya hasil kerja mereka akan semakin optimal.

Jadi, branding adalah sebuah upaya yang dilakukan untuk mempertahankan, membangun, dan juga memperkuat sebuah brand (merek). Tujuan branding yaitu agar produk yang dijual bisa lebih dikenal oleh para audiens sehingga memengaruhi mereka untuk membeli.

Kamu sudah siap melakukan branding? Eits, nanti dulu, masih banyak hal yang perlu kamu ketahui untuk melakukan branding sebagai salah satu strategi bisnismu.